Langkah Nyata Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hunian

classic Classic list List threaded Threaded
2 messages Options
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Langkah Nyata Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hunian

happy_sharing


Penyediaan hunian yang layak bagi warganya menjadi pekerjaan rumah bagi negara termasuk Indonesia. Apalagi dengan meningkatnya jumlah penduduk tentunya bertambah tinggi kebutuhan untuk tempat tinggal. Backlog sebesar 13, 5 juta unit rumah, sementara pengembang hanya mampu membangun 400.000 unit per tahun. sebagai upaya pemerintah untuk dapat menyediakan rumah yang layak bagi masyrakat Pemerintah mencanangkan Program Sejuta Rumah.
Dirjen Penyediaan Perumahan Syarif Burhanudin dalam Dialog Public Corner di Metro TV, Kamis (20/8) mengatakan bahwa Pemerintah terus membuat terobosan dan melaksanakan program subsidi bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perumahan wujud perhatian untuk masyarakat yang sejahtera. Turut menjadi narasumber Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M. Said.

“Kebutuhan rumah setiap tahun sekitar 800.000 unit. Sedangkan kemampuan pengembang hanya mampu 400.000 unit. Pemerintah juga harus mencari terobosan agar suatu saat nanti semua masyarakat memiliki rumah. Targetnya adalah MBR dan Non MBR. Namun, Pemerintan cenderung metargetkan MBR. Untuk itu perlu ada intervensi pemerintah,” ujar Syarif.

Sejak dicanangkan Presiden RI, Program Sejuta Rumah menampakkan hasil. Tahun 2014, anggaran FLPP sebesar Rp 4 triliun baru habis pada akhir tahun. Tahun 2015, dana FLPP sebesar Rp 5,1 triliun sudah habis sekitar Rp 4,1 triliun hingga Juli 2015.

Muhidin mewakili Komisi V DPRI RI, memberikan apresiasi pada Program Sejuta Rumah yang diinisiasi Pemerintah.

“Kami mendukung Pemerintah mengejar backlog perumahan. Setiap tahun jumlah kebutuhan hunian semakin bertambah. Dengan adanya Program Sejuta Rumah, Pemerintah membuat program yang bisa mengantisipasi masalah kekurangan hunian. Sehingga, setiap tahun permintaah bisa terpenuhi dan lambat lain backlog akan berkurang. Program ini suatu loncatan, sehingga DPR memberikan dukungan. Kalo bisa tahun depan lebih dari satu juta unit. DPR mendukung karena ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat,” ucap Muhidin.

Ditanyai mengenai skema pembiayaan Program Sejuta Rumah, Syarif mengatakan pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan FLPP. kredit pemilikan rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR/FLPP). FLPP memberikan uang muka sebesar satu persen dan suku bunga pinjaman sebesar lima persen. Jangka waktu pinjaman diberikan hingga 20 tahun.

 “Dulu masyarakt membayar Uang Muka sebesar 5 - 10%, sekarang uang muka diturunkan menjadi 1%. Bunga bank yang dulu 7,2% sekarang hanya 5%. Dan jangka waktu cicilan yang semula hanya 15 tahun menajdi 20 tahun. Dengan harapan masyarkat lebih mudah untuk mendapat dan mencicil rumah,” tutur Syarif.

Dalam kesempatan tersebut, Muhidin meminta Pemerintah untuk membuat aturan dan UU Penyediaan Perumahan. Mengingat, masalah penyediaan rumah bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR-red). Ditegaskannya, Pemerintah Daerah juga harus membantu dalam perijinan dan pembebasan lahan.

“Yang mengetaui kondisi di daerah adalah pemerintah daerah. Yang memberi ijin dan dapat membebaskan lahan adalah Pemda. Sehingga pemda harus ikut membantu masalah kebutuhan hunian di daerahnya, khususnya Program Sejuta Rumah,” ucap muhidin.

Serupa dengan Muhidin, Syarif juga mengatakan bahwa kesulitan yang dihadapi pengembang adalah masalah perijinan dan pembebasan lahan. Untuk mewujudkan dan menyukseskan Program Sejuta Rumah, pemda diminta memberikan kemudahan dalam hal perijinan dan ikut membantu dalam penyediaan lahan untuk pembangunan rumah.

Sumber : Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR 
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Langkah Nyata Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hunian

uno411
Saya sebagai warga Jakarta dan yang akan memiliki keluarga merasa kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan terhadap hunian. Apalagi dengan dana terbatas, solusinya yaa memiliki rumah di luar Jakarta.

Saya harap program ini dapat segera terealisasi
Anda ingin mencari kontraktor rumah dan interior yang bisa menyelesaikan project anda di Kelapa Gading Jakarta Utara? Unibel solusinya