Kementerian PUPR Resmikan 50 Unit Rumah Khusus Nelayan di Janeponto

classic Classic list List threaded Threaded
2 messages Options
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Kementerian PUPR Resmikan 50 Unit Rumah Khusus Nelayan di Janeponto

happy_sharing

JENEPONTO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan meresmikan 50 rumah khusus nelayan di Kabupaten Jeneponto, Makasar pada Jumat (6/11).
"Dengan adanya rumah khusus ini, saya berharap ini menjadi tempat tinggal yang layak huni. Rumah ini pun mendekatkan nelayan dengan pekerjaannya. Sehingga mampu mengefisiensikan kerja nelayan," tutur Syarif Burhanuddin.

Satu unit rumah khusus nelayan dengan tipe 36 ini menghabiskan biaya Rp150 juta, dengan nilai total Rp7,5 miliar.

Saat ini jumlah seluruh nelayan di Jeneponto sekitar 500 orang, sehingga para nelayan mengharapkan pemerintah dapat memberikan lebih banyak rumah lagi. Pemerintah pun berencana akan menambah 50 unit lagi pada tahun 2016.

"Saya dapat laporan masih banyak yang butuh rumah. Tapi kita akan kerjakan ini secara bertahap. Kita sesuaikan dengan anggaran kita. Karena kan ada 13,3 juta di Indonesia yang butuh rumah khusus seperti ini. Supaya semuanya merata, dengan keterbatas dana yang harus disesuaikan, mungkin untuk di Jeneponto pada tahun depan bisa kami realisasikan 50 unit lagi pada tahun depan," tambah Syarif.

Syarif menjelaskan, realisasi rumah khusus nelayan ini, dapat terwujud karena koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Jeneponto dilakukan dengan baik. Di mana Pemda Jeneponto lakukan pembebasan lahan, dan setelah mendapat persetujuan pembangunan, Kementerian PUPR membangun konstruksinya.

"Saya berharap koordinasi ini juga dilakukan oleh pemda lainnya. Supaya kekurangan rumah, bagi masyarakat yang belum memiliki rumah bisa dipenuhi," tuturnya.
Program rumah khusus ini adalah salah satu program Ditjen Penyediaan Perumahan dalam rangka Sejuta Rumah, selain program bantuan rumah swadaya yang merupakan program bantuan stimulan peningkatan kualitas bagi rumah tidak layak huni; program rumah susun dan program bantuan PSU bagi pengembang yang membangun rumah murah(subsidi).  


sumber : sejutarumah.id
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Kementerian PUPR Resmikan 50 Unit Rumah Khusus Nelayan di Janeponto

uno411
Saya sangat mendukung program ini. Saya harap, program ini tidak hanya dikhususkan untuk satu profesi saja (nelayan), tapi juga untuk para petani di Jeneponto dan seluruh Kabupaten di Sulawesi selatan
Anda ingin mencari kontraktor rumah dan interior yang bisa menyelesaikan project anda di Kelapa Gading Jakarta Utara? Unibel solusinya