Kabupaten Karawang Menerima 444 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR

classic Classic list List threaded Threaded
1 message Options
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Kabupaten Karawang Menerima 444 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR

happy_sharing

Pemerintah Kabupaten Karawang menerima 444 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI). Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2015 pada Senin (2/11) bertempat di Kantor Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat. Turut hadir Kepala Dinas Cipta Karya, Camat Rengasdengklok, Camat Telukjambe Barat serta dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat hadir jajaran Konsultan Manajemen Wilayah Jabar.

Kuota bantuan tersebut terealisasi 444 unit, dengan nilai besaran tergantung tingkat kerusakan, ada yang mendapat Rp. 10 Juta hingga 15 juta rupiah dalam bentuk tabungan untuk renovasi rumah.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Karawang menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Bantuan Stimultan Perumahan Swadaya adalah untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar dapat membangun rumahnya sehingga dapat menempati rumah dan lingkungan yang layak huni. Semoga dana yang diterima ini bermanfaat dan Pemkab ucapkan terima kasih kepada Dirjen Perumahan Rakyat Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat RI. Kemudian kepada fasilitator amanah yang di emban sangat berat maka dari itu di harap semoga dapat menjalankan tugasnya yang baik untuk membangun rumah warga Kabupaten Karawang, dengan direalisasi sebanyak 444 unit rumah, ini awalnya merupakan pengajuan dari Pemkab Karawang sekitar 4000 unit dan alhamdulilah terealisasi secara bertahap, tahun ini 10 % mendapat sekitar 400  di harap berkesinambungan tiap tahun dapat, dari APBD Karawang sendiri pada tahun 2015 anggarkan sebanyak Rp. 16 Milyar dan pada tahun 2016 sudah dianggarkan naik 50% lebih menjadi Rp. 25 Milyar itu sudah pada proses RAPBD Tahun 2016. Jadi progres untuk pembangunan Rutilahu se Kab Karawang direncanakan tiga tahun kedepan tidak ada lagi Rutilahu di Kabupaten Karawang, seluruhnya dapat dibangun dari Sumber dana APBN seperti saat ini, APBD Provinsi, dari Investor atau Donatur. Untuk itu Plt. Bupati Karawang akan terus aktif mencari sponsor bantuan.

Mengakhiri sambutannya, Beliau juga berjanji bila PAD serta APBD kab Karawang naik maka akan semakin naik juga bantuan alokasi untuk Rutilahu, untuk mapping Dinas Cipta Karya telah diperintahkan agar seluruh rumah yang prioritas untuk membutuhkan bantuan akan Pemkab beri bantuan, sehingga seluruh warga masyarakat Karawang seluruhnya miliki rumah layak huni dan nyaman. 

Sementara itu, menurut data yang didapat Humas Pemkab Karawang bahwa yang mendapat bantuan BSPS, untuk Kabupaten Karawang sebanyak 444 unit, yakni Kecamatan Telukjambe Barat yang menerima terdiri dari Desa Margakaya 51 unit, Desa Margamulya 82 Unit, Desa Karangligar 87 Unit, Desa Parungsari 37 Unit, Desa Mulyajaya 88 Unit; untuk  Kecamatan Rengasdengklok yaitu Desa Amansari 99 Unit. Jumlah Dana Reguler adalah Rp.6.020.000.000. Bagi penerima dana diwujudkan dalam bentuk rekening tabungan di Bank. (Iki/karawangkab.go.id)